Kamis, 14 Januari 2010

Trik Mencari Makalah Jurnal Internasional


Riset tidak dapat lepas dari makalah ilmiah yang diterbitkan sejumlah jurnal ilmiah nasional maupun internasional. Makalah-makalah terbaru yang diterbitkan di sejumlah jurnal dapat menjadi sumber inspirasi atau sumber topik penelitian baru bagi kita dan menjadi referensi yang berguna bagi kegiatan riset yang sedang kita jalankan. Namun, tidak semua makalah yang kita butuhkan dapat kita peroleh dengan mudah. Banyak makalah-makalah yang diterbitkan sejumlah jurnal ilmiah menerapkan biaya langganan yang tinggi dan tidak semua institusi di Indonesia maupun individual melanggan jurnal-jurnal tersebut.

Interaksi saya dengan sesama dosen di ITB maupun di perguruan tinggi lain serta para peneliti dari berbagai instansi riset, tampaknya semuanya menyuarakan “keluhan” yang sama, yaitu kesulitan mendapatkan makalah-makalah terbaru untuk menunjang kegiatan penelitian. Saya pun pernah mengalami hal yang sama dalam beberapa tahun, di mana makalah-makalah yang saya butuhkan sangat sulit untuk didapat.

Junal-jurnal online yang banyak sekali jumlahnya dan berasal dari berbagai penerbit besar dunia hanya memberikan manfaat sedikit bagi kita yanh tidak berlangganan. Informasi yang dapat kita peroleh hanya sebatas abstrak. Selebihnya tertutup sama sekali. Dalam kondisi demikian, usaha yang saya lakukan adalah mengontak teman atau adik kelas yang masih melakukan tugas belajar di luar negeri untuk mendownload dan mengirimkan lewat e-mail. Namun, jika terlalu sering meminta tolong, tentu kita merasa sungkan.

Saya mencoba mencari cara bagaimana cara mendapatkan makalah-makalah yang dibutuhkan dalam riset secara legal, termasuk makalah-makalah yang diterbitkan di jurnal ilmiah berbayar. Setelah mengetahui trik-trik yang diperlukan, saya merasa tidak lagi menghadapi kesulitan berarti untuk mendapatkan makalah-makalah yang saya butuhkan dalam menunjang kegiatan riset maupun pengajaran yang saya lakukan.

Beberapa trik mendapatkan makalah ilmiah saya tuangkan dalam sebuah buku tipis yang saya beri judul "TRIK MENCARI MAKALAH yang DITERBITKAN JURNAL ILMIAH INTERNASIONAL". Mudah-mudahan trik tersebut bermanfaat bagi rekan-rekan dosen, peneliti, makasiswa sarjana maupun pasca sarjana, serta siapapun yang membutuhkan paper-paper tersebut.

Misi yang ingin saya sampaikan adalah jangan kita terlalu banyak mengeluh. Memang pemerintah atau instansi kita belum sanggup menyediakan seluruh kebutuhan kita dalam melaksanakan penelitian, seperti melanggan jurnal-jurnal ilmiah. Tetapi marilah dalam keterbatasan tersebut kita gigih, kreatif dan inovatif mencari cara alternatif untuk menutupi keterbatasan tersebut. Saya berkeyakinan bahwa selalu ada jalan bagi orang-orang yang gigih dan kreatif. Sebaliknya, kebuntuan selalu menghadang orang-orang yang suka mengeluh dan menyalahkan sana-sini.

Bagi yang berminat dengan buku tersebut, silakan kontak saya.

17 komentar:

  1. yth. bapak Dr.Eng. Mikrajuddin Abdullah, M.Si, saya mahasiswa double degree unibraw malang-universitas jepang. mengalami kesulitan untuk mencari jurnal internasional. mohon bantuannya.
    email saya prasbayu@yahoo.co.id
    terima kasih.

    BalasHapus
  2. pak saya mahasiswa s1 uns teknik mesin kesulitan mencari jurnal international..tolong informasinya ya pak..tlg kirim ke imudjdnk@gmail.com
    erimakasih

    BalasHapus
  3. iya pak saya tertarik dengan hal ini tlng kirim ke shofiyanfres@yahoo.co.id, saya tunggu pak.trima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  4. BUAT REKAN REKAN YANG KESULITAN MENCARI JURNAL INTERNASIONAL...BISA PESEN DI LAPAK JURNAL ANE...INFO LEBIH LANJUT KUNJUNGI WEBSITE ANE..T-GUH.TK

    BalasHapus
  5. Yth Pa Dr.Eng. Mikrajuddin Abdullah, M.Si, Saya tertarik dengan buku yang bapak buat mengenai trik mencari makalah yang diterbitkan jurnal ilmiah internasional, saat ini saya sedang kuliah S2 (MIT) di SGU (Swiss German University), email saya acep.mardiyana@student.sgu.ac.id terimakasih sebelumnya pa.

    BalasHapus
  6. Saya juga tertarik dengan hal ini pak, mohon bantuannya.
    Email saya sirrussandysalatin@yahoo.co.id
    Terima kasih sebelumnya Pak.

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum.
    Salam kenal Pak Mikrajuddin Abdullah.
    Saya Mira Permata Sari, mahasiswa Teknik Sipil.
    Saat ini juga sedang mencari jurnal-jurnal internasional untuk pendukung TA saya.
    Mohon bantuannya Pak.
    Email saya mirapermatasari.sasmita@gmail.com
    Terima kasih.

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum

    Senang bisa membaca ide-ide kreatif bapak, senang pula berkenan sharing dan menyempatkan waktu untuk menulis tips mencari jurnal internasional. Mudah-mudahan lain waktu bisa sharing yang lebih teknis. Kalau berkenan, saya ingin mendapatkan buku "TRIK MENCARI MAKALAH yang DITERBITKAN JURNAL ILMIAH INTERNASIONAL".

    Email saya: dwinto_matrix@yahoo.com

    Terima kasih. Wassalam.

    BalasHapus
  9. yth. bapak Dr.Eng. Mikrajuddin Abdullah, M.Si, saya mahasiswa pasca UM. mengalami kesulitan untuk mencari jurnal internasional. mohon bantuannya.
    email saya rivatulridho@gmai.com
    terimakasih sebelumnya pa.

    BalasHapus
  10. Yth, Bpk Dr.Eng. Mikrajuddin Abdullah, M.Si,mhon bantuan jurnal internasionalnya pak, sy mahasiswa pasca magister akuntansi, penelitian khusus kualitas audit. tks

    BalasHapus
  11. yth. bapak Dr.Eng. Mikrajuddin Abdullah, M.Si, saya mahasiswa pasca ITB. Saya mengalami kesulitan untuk mencari jurnal internasional yg free. Sohon bantuannya.
    Email saya silvester.sandy77@gmail.com
    Terima kasih.

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum...wr.wb

    Yth Bpk Dr.Eng. Mikrajuddin Abdullah, M.Si, Semenjak saya menjadi mahasiswa dan sampai sekrang menjadi dosen di salah satu universitas di jakarta, terusterang saya masih kesulitan dalam mencari journal internasional. sampai saya berkali-kali mencari cara bagaimana mendapatkan journal internasional dengan browsing di internet namun tetap saja masih belum faham. Saya tertarik dengan buku yang bapak buat mengenai trik mencari makalah yang diterbitkan jurnal ilmiah internasional, mudah-mudahan karya bapak dapat membantu saya kususnya dan umumnya bagi mahasiswa -mahasiswa yang akan menjadi penerus saya nantinya.
    alamat email saya t.adikurniawan@gmail.com
    mohon pencerahan dari bapak..

    Wassalam.wr.wb

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum wr. wb.
    Yth Bpk Dr.Eng. Mikrajuddin Abdullah, M.Si
    Saya mahasiswa S1 matematika yang hendak menyusun tugas akhir, sangat membutuhkan referensi-referensi namun mengalami kendala dalam mencari jurnal terutama jurnal internasional. sangat tertarik dengan buku yang bapak buat dan berharap buku tersebut dapat sangat membantu bagi saya dan rekan-rekan saya. berharap bapak berkenan mengirimkannya ke email saya yaitu, muktiwidodo25@gmail.com.
    terimakasih
    wassalamualakum wr.wb

    BalasHapus
  14. Terima Kasih Pak Abdullah utk blokspot ini yg memperkenalkan misi bapak. Sy yakin sudah banyak membantu kami yg mencari sumber yg berbobot& isu baru..

    Saya Lina, mahasiswa magister akuntansi sedang ingin membuat research..Sekiranya bapak dapat mengirim sumber2 utk jurnal ilmiah internasional tsb ke lina_yap79@yahoo.co.id..

    Thx& rgds,
    Pencari ilmu
    Lina

    BalasHapus
  15. Pak saya mahasiswa uib berminat dengan buku bapak bisa dikirmkan ke amanta.anugrah@gmail.com
    Trimah kasih

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum wr. wb.
    Yth Bpk Dr.Eng. Mikrajuddin Abdullah, M.Si
    Saya mahasiswa S1 teknik informatika yang hendak menyusun tugas akhir, sangat membutuhkan referensi-referensi namun mengalami kendala dalam mencari jurnal terutama jurnal internasional. sangat tertarik dengan buku yang bapak buat dan berharap buku tersebut dapat sangat membantu bagi saya dan rekan-rekan saya. berharap bapak berkenan mengirimkannya ke email saya yaitu, putrasetiautama50@gmail.com tks y pak

    BalasHapus