Minggu, 21 Februari 2010

Diktat-ku

Setiap kali memberikan kuliah, saya selalu berusaha membuat diktat. Memang awalnya tidak terlalu sempurna. Namun seiring dengan pengulangan kuliah tersebut di tahun-tahun berikutnya, maka diktat akan makin lengkap dan makin sempurna. Penyermpurnaan berkali-kali dapat menjadikan diktat tersebut sebuah text book. Banyak pengalaman di luar negeri menunjukkan bahwa text book-text book terkenal lahir dari diktat yang mengelami penyempurnaan bertahun-tahun. Bahkan bisa melebihi 10 atau 20 tahun. Pada prinsipnya, tidak ada karya momumental yang dapat dihasilkan dalam waktu sekejap.

Saya sangat yakin bahwa diktat dapat membantu mahasiswa memahami pokok-pokok bahasan yang kadang tidak dipahami dengan jelas dari text book yang ada. Di dalam diktat kita dapat menjelaskan pokok-pokok bahasan lebih detail, lebih lengkap, menurunkan persamaan yang lebih lengkap di bandingkan dengan di text book, atau menjelaskan hasil pemikiran kita sendiri.

Saya sudah menulis beberapa diktat dan sebagiannya sedang saya sempurnakan untuk menjadi buku. Sebagian diktat tersebut diterbitkan penerbit ITB. Diktat-diktat yang telah saya tulis adalah:

1) Mikrajuddin Abdullah, Diktat Kuliah Fisika Dasar I (419 halaman). Ini adalah diktat untuk mahasiswa TPB ITB. Rencananya diktat ini akan disempurnakan menjadi buku.

2) Mikrajuddin Abdullah, Diktat Kuliah Fisika Dasar II (571 halaman). Ini adalah diktat untuk mahasiswa TPB. Rencananya diktat ini akan disempurnakan menjadi buku.

3) Mikrajuddin Abdullah, Catatan Kuliah FI1201 Fisika Dasar II: Pembahasan Soal Ujian TPB Sem II (265 halaman). Ini adalah diktat untuk mahasiswa TPB ITB.

4) Mikrajuddin Abdullah, Catatan Kuliah FI2001 Studi Literatur Fisika (120 halaman). Ini adalah diktat untuk mahasiswa S1 Fisika ITB.

5) Mikrajuddin Abdullah, Catatan Kuliah FI5002 Mekanika Statistik (200 halaman). Ini adalah diktat untuk mahasiswa S2 dan S3 Fisika ITB.

6) Mikrajuddin Abdullah, Catatan Kuliah FI4001 Fisika Zat Padat (132 halaman). Ini adalah diktat untuk mahasiswa S1 Fisika ITB.

7) Mikrajuddin Abdullah, Catatan Kuliah FI3002 Pengantar Fisika Statistik (350 halaman). Ini adalah diktat untuk mahasiswa S1 Fisika ITB. Diktat ini sudah menjadi draft buku dengan judul "Pengantar Fisika Statistik untuk Mahasiswa MIPA" dan mendapat hibah penulisan buku text ITB-WCU tahun 2009. Draft sudah diajukan ke Penerbit ITB untuk dinilai kemungkinan penerbitannya.

8) Mikrajuddin Abdullah, Diktat kuliah FI4131 Topik Khusus Fisika Material Elektronik (225 halaman). Ini adalah diktat untuk mahasiswa S1 Fisika ITB. Diktat ini sudah menjadi buku dengan judul "Pengantar Nanosains" yang diterbitkan penerbi ITB tahun 2009. Buku ini juga mendapat hibah penulisan buku texk Diknas tahun 2008.

9) Mikrajuddin Abdullah & Khairurrijal, Diktat Pengolahan data Karakterisasi Nanomaterial (300 halaman). Ini dipakai dalam Wokrshop Pengolahan Data Karakterisasi Nanomaterial di ITB tanggal 5 Oktober 2009. Diktat ini sedang kita edit untuk menjadi buku.

10) Mikrajuddin Abdullah, Shafira Khairunnisa, dan Fathan Akbar, Belajar Bahasa Jepang Secara Informal (300 halaman). Ini ditulis bersama anak saya Nisa (SMPN 8 Bandung) dan Fathan (SDN Ajitunggal Bandung). Siapa saja yang ingin belajar bahasa Jepang, silakan baca diktat ini.

11) Mikrajuddin Abdullah dan Khairurrijal, Siapa Bilang Demo Sains Itu Mahal (150 halaman). Ini digunakan dalam pelatihan guru-guru SMA yang disponsori oleh Medco Foundation. Rencanya diktat ini akan disempurnakan menjadi buku.

Sebagian diktat tersebut dijual di Toko Buku ITB dan sebagian dapat dicopy di Perpustakaan Fisika ITB.

5 komentar:

  1. Pak ini dengan Abdul mahasiswa Fkip Fisika UNSRI, diktat Catatan Kuliah FI4001 Fisika Zat Padatnya udah ada bentuk soft filenya dak pak ? Kalo ada bisa di unduh dimana ?

    BalasHapus
  2. Pa saya mahsiswa pascasarjana universitas negeri malang jurusan fisika pa apakah saya boleh dapatkan soft file mekanika klasik. mohon maaf pa

    BalasHapus
  3. pak saya berminat untuk belajar melaui diktat kuliah bapak fisika zat padat. apakah boleh?

    BalasHapus
  4. pak saya berminat untuk belajar melaui diktat kuliah bapak fisika zat padat. apakah boleh?

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum pak.
    Begini pak, saya sedang belajar memahami ttg hukum coulumb dan hukum Gauss pada bab 1. Dan saya mencoba menjawab soal-soal latihan yang disediakan, khususnya untuk soal nomor 9. Disana kan kita disuruh menghitung muatan listrik di pusat bujur sangkar. Nah, yang membuat saya bingung itu bagaimana cara mencari muatan listrik, seandainya yang dicari medan listrik kemungkinan saya bisa menjawab tapi kalau mencari muatan listrik saya tidak tau caranya pak. Dengan demikian, sangat berguna bagi saya jika bapak mau berbagi ilmunya memecahkan permasalahan saya tadi. Terimakasih wassalamu'alaikum wr. wb.

    BalasHapus