Jumat, 19 Februari 2010

H-index Publikasiku 14


Saat ini ada dua kriteria yang digunakan orang untuk mengukur kontribusi keilmiahan seseorang. Kriteria pertama sudah cukup lama digunakan, yaitu jumlah sitasi. Parameter ini menyatakan jumlah kali (berapa kali) makalah yang dihasilkan yang bersangkutan telah di-sitasi (muncul dalam referensi) makalah-makalah yang terbit sesudahnya di jurnal ilmiah mana saja. Jika seseorang memiliki jumlah citasi 100 berarti telah 100 kali makalah yang ditulis oleh yang bersangkutan (makalah mana saja) muncul di referensi makalah yang ditulis orang sesudahnya, termasuk oleh dia sendiri.

Kriteria kedua dinamakan h-index. Kriteria ini mencerminkan produktivitas seseorang berdasarkan jumlah makalah yang dihasilkan, sekaligus jumlah citasi tiap makalah tersebut (impact dari publikasinya). Bisa terjadi seseorang dengan jumlah sitasi tinggi hanya memiliki satu atau dua makalah, tetapi citasi untuk kedua makalah tersebut tinggi. Sebaliknya, h-index tidak hanya melihat demikian. Disamping diperhitungkan jumlah citasi, juga diperhitungkan jumlah makalah yang dihasilkan.

Seseorang dengan h-index 10, artinya ada 10 makalah yang ditulis oleh yang bersangkutan yang disitasi minimal 10 kali. Seorang dengan h-index 18 artinya ada sepuluh makalah yang bersangkutan yang disitasi minimal 18 kali. Jika seseorang memiliki jumlah citasi 300, tetapi makalahnya cuma 2, maka h-index yang dimilikinya hanya 2.

Dari sini tampak bahwa h-index yang tinggi hanya bisa dicapai dengan memiliki banyak publikasi dan tiap publikasi memiliki jumlah citasi yang besar. Jika jumlah publikasi sedikit, berapa pun citasinya, maka h-index yang dicapai rendah. Jika jumlah publikasi banyak, tetapi jumlah citasi tiap publikasi kecil, maka h-index juga kecil.

Di Amerika, fisikawan sudah bisa menduduki jabatan professor penuh jika memiliki h-index minimal 18. Artinya minimal 18 makalah yang dia hasilkan telah disitasi masing-masing minimal 18 kali (http://en.wikipedia.org/wiki/H-index).

Setelah melihat data Scopus, saya hitung-hitung, jumlah citasi makalah saya sudah 572 dengan h-index 14. Lumayan.

1 komentar: