Senin, 08 Maret 2010

PROPOSAL: PENG-ONLINE-NAN JURNAL ILMIAH

1. Latar Belakang

Di Indonesia sudah banyak jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh perguruan tinggi maupun lembaga-lembaga riset lainnya. Sebagian jurnal tersebut telah mendapat status terakreditasi dan sebagian besar lainnya belum terakreditasi. Namun, meskipun telah terakreditasi, seringkali jurnal tersebut hanya dikenal dalam lingkungan yang sangat terbatas seperti hanya dikenal di lingkungan perguruan tinggi atau institusi pengelolanya. Masyarakat luas di Indonesia, apalagi internasional, sama sekali tidak mengetahui keberadaan jurnal tersebut. Jika diidentifikasi, beberapa penyebab masalah ini adalah:

a) Jurnal-jurnal tersebut kebanyakan terbit hanya dalam versi cetak dengan tiras terbatas. Hanya pihak yang mendapatkan versi cetak yang sadar akan keberadaan jurnal-jurnal tersebut.

b) Jurnal-jurnal tersebut tidak terbit secara online, baik sebagian maupun lengkap, sehingga tidak dapat diakses oleh masyarakat luas melalui jaringan internet.

Untuk memperluas jangkauan jurnal ilmiah sehingga dapat dikenal dan dibaca oleh pembaca dari dalam maupun dari luar negeri maka tidak ada pilihan lain kecuali meng-online-kan jurnal tersebut.

Peng-online-an jurnal memberi manfaat besar bagi pengelola jurnal maupun penulis. Manfaat bagi pengelola jurnal di antaranya adalah jurnal tersebut makin dikenal peneliti dari kalangan luas yang berasal dari dalam maupun dari luar negeri. Karena dikenal luas maka jumlah makalah yang disubmit akan meningkat (pengelola akan terhindar dari kesulitan mendapatkan naskah). Manfaat bagi penulis adalah kepakaran penulis tersebut makin dikenal dalam masyarakat ilmiah yang lebih luas baik dari dalam maupun dari luar negeri.

2. Permasalahan

Walaupun keinginan untuk meng-online-kan jurnal ada pada diri pengelola jurnal-jurnal ilmiah, namun bagaimana merealisasikan langkah tersebut tidak semua pengelola jurnal memahaminya. Lebih khusus lagi, software apa yang harus digunakan, bagaimana menginstall software tersebut, dan bagaimana menjalankan proses editorial setelah proses install berlangsung.

3. Usulan Pemecahan Masalah

Kami memiliki pengalaman yang lama dalam mengelola jurnal online. Jurnal-jurnal yang kami kelola telah di-online-kan dengan menggunakan software Open Journal System. Berkat peng-oline-nan tersebut, jurnal-jurnal yang kami kelola telah dikenal masyarakat internasional, dan berimbas pula pada makin banyaknya makalah yang disubmit penulis dari luar negeri seperti Malaysia, India, Pakistan, Kenya, Jepang, dan lain-lain. Jurnal yang kami kelola juga tercatat di perpustakaan-perpustaan universitas-universitas besar dunia.

Peng-online-nan jurnal memberikan banyak keuntungan bagi pengelola jurnal itu sendiri. Beberapa di antaranya adalah:

a) Proses submisi, review, revisi, editing, and publikasi berjalan dengan mudah dan otomatis.

b) Tidak diperlukan lagi proses pengiriman naskah ke reviewer atau penulis (permintaan revisi) menggunakan jasa pos. Ini berimplikasi pada penghematan biaya.

c) Proses komunikasi antara redaksi (editor) dengan reviewer dan penulis berlangsung sangat cepat (timeless) karena menggunakan jaringan internet.

d) Proses publikasi online untuk suatu nomor dapat dilakukan secara bertahap. Meskipun makalah hasil editing akhir belum terkumpul semuanya, makalah yang telah selesai diedit dapat langsung dipublikasikan, sambil menunggu hasil editing makalah lain. Ini berimplikasi pada kekonsistenan waktu penerbitan dan bagi penulis sendiri, hasil karyanya dapat segera dikenal masyarakat luas.

e) Makalah yang sudah diterima untuk publikasi tetapi belum diputuskan nomor maupun halamannya dapat juga dipublikasikan dengan memberikan status accepted papers.

f) Dalam kondisi dana terbatas untuk biaya cetak, jurnal tetap dapat terbit tepat waktu secara online.

g) Untuk menekan biaya produksi, biaya cetak dapat dibuat dalam tiras terbatas sesuai dengan ketersediaan dana dan sesuai dengan pemesanan.

h) Dapat meningkatkan ranking Webometric institusi pengelola jurnal karena bertambahnya akses ke situs-situs yang dimiliki.

4. Proposal

Kami mengajukan proposal untuk meng-online-kan jurnal-jurnal ilmiah yang masih diterbitkan dalam versi cetak saja. Pekerjaan yang akan kami lakukan meliputi:

a) Install software jurnal online pada server pengelola jurnal

b) Pengaturan tata letak tampilan jurnal (tampilan standard)

c) Training pada pengelola jurnal tentang proses submisi, review, editing, dan publikasi hingga makalah tersebut tampil dalam format akhir )telah memiliki volume, nomor, dan halaman) dan dapat dikses oleh masyarakat luas melalu jarigan internet.

d) Pendaftaran jurnal tersebut ke beberapa indexing/abstracting internasional seperti Google, Scholar Google, Directory of Open Access Journal (DOAJ), Index Copernicus, dan Open Journal System sehingga jurnal tersebut dikenal masyarakat internasional.

5. Biaya

Silakan kontak langsung ke tim kami.

6. Waktu Pengerjaan

a) Waktu pengerjaan bisa kapan saja sesuai dengan kesepakatan antara pihak kami dan pengelola jurnal.

b) Lama penginstalan maksimum satu hari.


7. Beberapa Hal yang Harus Disiapkan Pengelola Jurnal

a)Keberadaan jaringan internet yang cukup cepat

b) Server dengan kapasitas penyimpanan yang memadai harus operasional serta terkoneksi ke jaringan institusi.

c) Administor server harus berada di tempat pada saat pengerjaan

d) Staf yang akan mengelola situs jurnal harus berada di tempat pada saat pekerjaan dilakukan untuk diberikan training.

8. Kontak Person

Informasi lebih lanjut dapat ditanyakan ke alamat berikut ini:

Dr.Eng. Mikrajuddin Abdullah

Program Studi Fisika, FMIPA-ITB

Jalan Ganeca 10 Bandung 40132

Tel. 022-2500834/Fax. 022-2506452

E-mail: din@fi.itb.ac.id; mikrajuddin@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar